Tips

Whatsapp Business, Pilihan Tepat bagi Pengusaha Muda

Membuka usaha online tampaknya tengah menjadi tren di masyarakat. Usaha online bisa dijalankan dengan konsep usaha apa pun. Namun, Anda pun harus mampu memilih beberapa hal yang akan mengoptimalkan penjualan Anda. Menyediakan platform komunikasi yang mudah digunakan dan tentunya populer adalah pilihan tepat. Nah, untungnya Whatsapp merilis satu versi aplikasi yang memudahkan Anda dalam berbisnis. Namanya adalah Whatsapp Business. Aplikasi yang satu ini memungkinkan Anda untuk menjalankan usaha tanpa khawatir kerepotan ketika memisah antara percakapan pribadi dengan percakapan yang terkait dengan pekerjaan dan penjualan di fitur aplikasi Whatsapp.

Tips Menggunakan Whatsapp Business

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan Whatsapp sebagai pilihan komunikasi dengan konsumen, maka aplikasi yang satu ini akan memberikan banyak sekali kemudahan. Karena didesain khusus untuk para pengusaha, maka aplikasi Whatsapp Business harus diunduh terlebih dahulu dari Play Store, baru kemudian Anda pasang di perangkat ponsel Anda. Nah, jika Anda penasaran dengan fitur yang ditawarkan, kenali dulu tips menggunakannya!

  1. Sebelum Anda menggunakan aplikasi ini, ada baiknya Anda mendaftar terlebih dahulu untuk akun Whatsapp Business. Dalam hal ini, Anda cukup menambahkan nomor ponsel yang masih aktif digunakan. Nah, jika Anda memiliki nomor lama yang ingin Anda daftarkan, pastikan Anda memilih salah satu antara Whatsapp pribadi atau bisnis. Hal ini dikarenakan Whatsapp tidak memungkinkan penggunanya aktif di dua versi aplikasi tersebut.
  2. Nah, jika sudah mendaftarkan nomor Anda, kini saatnya bagi Anda untuk mengubah profil Anda menjadi profil bisnis. Dengan mengubah profil bisnis, Anda bisa memilih beberapa pengaturan yang sesuai, contohnya adalah dengan mengubah profil akun, alamat perusahaan dan sebagainya. Anda juga bisa menambahkan beberapa hal lain yang menunjukkan kategorisasi dan spesialisasi bisnis yang Anda jalankan. Alhasil, konsumen bisa memperoleh informasi yang memadai hanya dari profil Anda.
  3. Salah satu fitur yang mengasyikkan pada aplikasi ini adalah statistik pesan. Pada aplikasi ini, terdapat panel statistik yang memungkinkan Anda untuk mengecek berapa banyak pesan yang sudah masuk dan keluar dari aplikasi Whatsapp yang Anda gunakan. Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk memperoleh data lengkap terkait dengan seberapa banyak interaksi Anda dengan pelanggan, maka fitur ini merupakan salah satu fitur yang patut dicoba.
  4. Apakah Anda berencana untuk pergi ke luar kota namun tetap ingin memberikan tanggapan yang baik kepada konsumen? Asyiknya, dengan Whatsapp Business Anda bisa membuat away message. Hal ini sangat sesuai dengan kondisi Anda yang mungkin dituntut untuk bepergian ke luar kota. Pilih di menu settings, lalu pilih business settings, dan pilih lagi away message. Buat pesan Anda semenarik mungkin, sehingga konsumen yang menghubungi Anda pun bisa menghubungi kembali setelah Anda selesai bepergian.
  5. Greeting message juga menjadi salah satu pilihan bagi Anda untuk menyambut konsumen. Pesan ini akan otomatis muncul saat ada konsumen baru yang hendak memesan atau menanyakan produk kepada Anda. Nah, menariknya Anda juga bisa menjalin komunikasi dengan baik karena pesan pun akan terkirim lagi setelah 14 hari tak ada komunikasi. Menarik, bukan?

Itu tadi beberapa fitur yang dimiliki oleh Whatsapp Business, sebuah aplikasi menyenangkan yang bisa Anda coba untuk usaha Anda. Menggunakan aplikasi yang satu ini untuk berkomunikasi dengan konsumen akan sangat membantu dan memungkinkan hasil penjualan yang optimal.